Tingkat
Pertumbuhan Pasar ( Matriks Boston Consulting Group )
Matriks BCG
adalah sebuah grafik sederhana untuk membantu perusahaan besar dalam menentukan
bagaimana mengalokasikan kas antara unit-unit bisnis mereka. Bisa disebut juga
sebagai strategi untuk memberi pedoman pada keputusan alokasi sumber daya
berdasarkan pangsa pasar dan pertumbuhan UBS. Matriks BCG merupakan empat
kelompok bisnis, yaitu :
DOG
Pada posisi ini tingkat pertumbuhan suatu produk masih sangat rendah dan market sharenya juga masih rendah. Pada posisi ini harus segera mengambil tindakan, kalau tidak secepatnya mengambil tindakan maka suatu perusahaan akan mengalami kebangkrutan.
Pada posisi ini tingkat pertumbuhan suatu produk masih sangat rendah dan market sharenya juga masih rendah. Pada posisi ini harus segera mengambil tindakan, kalau tidak secepatnya mengambil tindakan maka suatu perusahaan akan mengalami kebangkrutan.
Question
Pada quadrant ini, product yang ditawarkan walau masih mempunyai market share rendah, tapi demannya udah kelihatan banyak. sehingga market growthnya tinggi.
Pada quadrant ini, product yang ditawarkan walau masih mempunyai market share rendah, tapi demannya udah kelihatan banyak. sehingga market growthnya tinggi.
Star
Kalau sudah sampai di posisi star dimana market share sudah dominan, tapi growth masih banyak, advertising bisa seperlunya saja, penambahan fitur minor bisa dilakukan, kerjasama dengan club juga bisa digiaatkan lagi dalam promosi.
Kalau sudah sampai di posisi star dimana market share sudah dominan, tapi growth masih banyak, advertising bisa seperlunya saja, penambahan fitur minor bisa dilakukan, kerjasama dengan club juga bisa digiaatkan lagi dalam promosi.
Cash Cow
Pada posisi ini perusahaan
sudah mempunyai market share yang tinggi dan growth yang cukup baik, untuk
mempertahankan produk perusahaan dapat menjaga stabilitas dari tingkat pemasran
produk dan harga.
Kelebih Matriks BCG
Matriks BCG adalah salah satu
alat pembuat keputusan yang paling mudah. “Hanya
dengan membaca grafiknya, orang akan dapat dengan mudah melihat di posisi
manakah perusahaan mereka berada”. Matriks
ini memusatkan perhatian pada arus kas, karakteristik investasi, dan kebutuhan
berbagai divisi organisasi. Divisi dapat berubah dari waktu ke waktu: anjing
menjadi tanda tanya, tanda tanya menjadi bintang, bintang menjadi sapi perah,
dan sapi perah menjadi anjing. Namun yang jarang terjadi adalah perubahan yang
searah jarum jam.
Kekurangan Matriks BCG
Hanya
menggunakan dua dimensi yaitu pangsa pasar relative dan tingkat pertumbuhan
pasar.
· Kemungkinan sulit mendapatkan data pangsa pasar maupun tingkat
pertumbuhan pasar.
· Terlalu menyederhanakan banyak bisnis karena memandang semua
bisnis sebagai bintang, sapi perah, anjing atau tanda tanya.
· Dalam metode ini, diasumsikan bahwa setiap unit bisnis tidak
tergantung pada unit bisnis lain, padahal dalam beberapa kasus, unit bisnis
“anjing” bisa membantu unit bisnis lain untuk memperoleh keunggulan kompetitif.
· Matriks ini tidak menggambarkan apakah berbagai divisi atau
industri mereka bertumbuh sepanjang waktu, sehingga matriks ini tidak memiliki
karakteristik waktu, sehingga terdapat variabel lain yang penting seperti
ukuran pasar dan keunggulan kompetitif.
· Matriks sangat bergantung pada luasnya definisi pasar. Suatu
unit bisnis dapat mendominasi pada pasar yang kecil, tetapi memiliki pangsa
pasar sangat rendah dalam industri secara keseluruhan. Dalam kasus seperti itu,
definisi dari pasar dapat membuat perbedaan antara “anjing” dan “sapi perah”.
No comments:
Post a Comment